Islam dan Dunia Modern


google.com
Islam pada zaman dahulu berbeda dengan zaman modern sekarang. Pada zaman yang modern ini ummat Islam semakin berkembang dan penganutnya juga semakin bertambah disetiap harinya tetapi semakin bertambah juga organisai-organisasi yang ingin menghancurkan dan menghabisi kaum Muslimin di muka bumi ini. Maka dari itu, artikel yang akan saya bahas kali ini adalah pandangan-pandangan saya mengenai status Islam di dunia pada zaman modern sekarang ini yang saya pelajari dari sebuah buku.

1. Kaum Muslimin, ummat Islam terjaga dari tidur mereka. Mereka bangkit setelah merasakan pahit getir penindasan kolonialisme, kelaliman pemimpin-pemimpin yang despotis, dan eksploitasi yang dilakukan oleh pemimpin-pemimpin yang serakah.

2. Jumlah kaum Muslimin di dunia pada saat ini diperkirakan mencapai 1250 juta hingga 1,4 miliar yang tersebar di seluruh dunia, tetapi kebanyakan diantara mereka tidak terpelajar dan kurang memiliki pengetahuan mengenai agama mereka. Di kalangan kaum Muslimin ini agama Islam bagaikan suatu hal yang asing sedang al-Qur'an jarang dibaca dan kalaupun dibaca jarang dimengerti. Hampir semua diantara mereka tidak becus di dalam melaksanakan kewajiban-kewajibannya.

3. Kaum Muslimin sedang berhadapan dengan musuh-musuh yang mengerikan, baik yang di dalam diri mereka sendiri maupun yang datang dari luar. Berkenaan dengan musuh yang di dalam diri mereka itu, mungkin sekali yang dihadapinya adalah pemimpin-pemimpin yang reaksioner dan mandeg. Janganlah kita melupakan kemandegan yang dualami oleh mayoritas kaum Muslimin, kebodohan mereka, dan kegampangan mereka untuk terkecoh oleh propaganda-propaganda buruk yang menyesatkan dengan tujuan untuk mendongkel Islam. Berkenaan dengan musuh-musuh dari luar yang harus dilawan oleh Islam adalah kolonialisme Barat, zionisme, dan komunisme.

4. Banyak penginjil Kristen yang dengan sedaya-upaya mereka melancarkan propaganda-propaganda untuk memburuk-burukkan agama Islam dan pribadi Nabi Muhammad. Seperti yang dilakukan oleh orang-orang Kristen di zaman dahulu, kaum Muslimin pada zaman sekarang ini mengambil keuntungan dari musuh mereka; mereka belajar kepada musuh dan menyerap kultur mereka. Pada saat ini kaum Muslimin tidak takut lagi kepada penidikan Barat maupun kepada syiar yang dilancarkan oleh penginjil-penginjil Kristen. Agama Islam tidak lahir untuk membatalkan ajaran agama-agama monotheis yang sebelumnya, tetapi untuk menyempurnakan dan memperbaharui ajaran tersebut. Oleh karena itu pertentangan di antara Islam dan Kristen harus segera dihentikan. Dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya kolonialisme Barat harus mati dan dikuburkan sehingga ummat manusia terbebas dari penindasan.


5. Israel, negara Zionis yang agresif itu. Jika bukan karena ulah Barat niscaya Israel tidak pernah ada. Jelas sekali bahwa eksistensi Israel yang menyebabkan putera-putera Palestina yang syah, baik yang Kristen maupun yang Muslim, terlunta-lunta dan tercerai-berai, merupakan tantangan besar bagi semua kaum Muslimin. Kaum Muslimin tidak dapat mengembalikan harga diri mereka sebelum kebenaran ditegakkan kembali di Palestina.

6. Komunisme, adalah musuh internal dan eksternal kaum Muslimin yang paling berbahaya. Komunisme adalah sebuah agama materialistis. Di samping tidak mengakui adanya Pencipta Alam Semesta, ia pun tidak mengakui adanya kehidupan spiritual. Ia berusaha untuk mendongkel dan merobohkan agama-agama samawi. Ia mempergunakan metode yang kasar dan ia mencoba menguasai massa rakyat dengan bujukan dan paksaan. Jadi komunisme ini harus menjadi cemeti agar kita memperlihatkan realitas, kebesaran, dan keunggulan Islam di dalam mengantarkan ummat manusia kepada persatuan - persatuan yang disertai dengan kebajikan, belas-kasih, persaudaraan, dan persamaan di antara manusia.

7. Walaupun kaum Muslimin dalam keadaan yang lemah dan musuh-musuh Islam dalam keadaan yang kuat, namun agama Islam berkembang dengan cara damai yang menakjubkan dan patut dikagumi.

8. Saya yakin bahwa di antara keyakinan-keyakinan dan ideologi-ideologi yang saling berbenturan di dunia pada saat ini, Islam memiliki masa depan yang cerah. Hal ini adalah karena di samping merupakan agama yang praktis dan ralistis. Realistis masa depan Islam yang cerah itu tergantung kepada hal-hal yang berikut ini:

a. Dari kalangan kaum Muslimin harus tampil pemikir-pemikir yang menafsirkan Islam dengan cara modern yang realistis dan dengan memperhatikan sains modern, filsafat modern, dan kecenderungan-kecenderungan sosial pada zaman modern ini. Yang kita butuhkan pada saat ini adalah pemikir-pemikir yang mempelajari Islam dari sumber-sumbernya dan yang mengetahui kecenderungam-kecenderungan sosial-intelektual masa kini, sehingga dapat menerapkan agama Islam ke dalam realitas-realitas kehidupan pada zaman modern ini.

b. Kaum Muslimin harus memikul tanggung jawab memberikan pendidikan Islam yang sehat kepada bangsa mereka, dengan penekanan terhadap ajaran-ajaran al-Qur'an, dan secara praktis menerapkan ajaran-ajaran kitab suci tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari

c. Kaum Muslimin harus mempererat hubungan di antara sekte-sekte Islam, mengurangi kefanatikan mereka, dan menghilangkan alienasi yang terjadi di antara mereka yang polanya harus dapat dipergunakan oleh setiap negara Islam.

d. Kaum Muslimin harus bersikap baik kepada penganut-penganut agama lain, terutama sekali yang hidup di dalam masyarakat mereka. Mereka harus menjadi teladan bagi dunia di dalam toleransi dan sikap yang baik; inilah suatu cara yang dapat menarik penganut-penganut agama lain kepada Islam.

e. Kaum Muslimin harus menegakkan organisasi-organisasi Islam yang terpusat, organisasi-organisasi yang bergerak di bidang ilmiah, sosial, dan agama. Tokoh-tokoh pemikir dari negara-negara Islam harus berpartisipasi di dalam organisasi-organisasi ini secara bersamaan. Setelah itu barulah dapat didirikan Dewan Tinggi Islam sebagai pusat Persemakmuran orang-orang beragama Islam.

Di dunia pada saat ini sedang dilakukan berbagai observasi terhadap Islam. Observasi-observasi ini perlu dipelajari lebih lanjut dan dikembangkan.
Labels: MUSLIM NOTES

Thanks for reading Islam dan Dunia Modern. Please share...!

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

22 Comment for "Islam dan Dunia Modern"

Waah info bagus nih inin share ke sosmed y gan

yang jelas kita intropeksi diri dulu, perbaiki akidah diri masing2

artikelnya sangat bagus dan bermanfaat semoga orang islam semua membaca ini

di sekolah saya suruh buat rangkuman tentang ini gan kok pas ya?

Sekarang umat islam bertemu dengan musuh yang paling besar yaitu dengan sesama umat islam sendiri, btw infonya bermanfaat gan thanks

Back To Top